Pengertian Komunikasi
Komunikasi dapat diartikan sebagai proses penyampaian suatu informasi
atau berita dari satu individu ke individu lain, satu kelompok ke
kelompok lain dan dari satu individu ke suatu kelompok.
Fungsi Komunkikasi Sendiri dapat berupa :
- Menentapkan dan menyebarkan maksud dari pada suatu usaha.
- Mengembangkan rencana-rencana untuk mencapai tujuan.
- Mengorganisasikan sumber-sumber daya manusia dan sumber daya lainnya seperti efektif dan efisien.
- Memilih, mengembangkan, menilai anggota organisasi.
- Memimpin, mengarahkan, memotivasi dan menciptakan suatu iklim kerja di mana setiap orang mau memberikan kontribusi.
Komunikasi efektif adalah :
- Pemberi dan penerima pesan berpandangan sama.
- Pemberi dan penerima pesan dapat membuka percakapan selanjutnya.
- Pemberi dan penerima pesan saling mengerti dan memahami.
- Suasana saat berkomunikasi hangat dan akrab.
Pengertian Manajemen Komunikasi
Menurut Kaye (1994), kelahiran subdisiplin manajemen komunikasi tidak
terlepas dari adanya tuntutan untuk lebih membumikan ilmu komunikasi di
tataran dunia nyata. Manajemen komunikasi lahir karena adanya tuntutan
untuk menjembatani antara
teoritisi komunikasi dengan praktisi komunikasi. Para teoritisi
menghadapai keterbatasan dalam mengaplikasikan pengetahuan yang
dimilkinya. Sementara para praktisi komunikasi mengalami keterbatasan
pada rujukan teoritis atau ilmu komunikasi.
Michael kaye (1994)
Communication management is how people manage their communication processes
through construing meanings about their relationships with others in
various setting. They are managing their communication and actions in a
large of relationship – some personal some professional. Bagaimana
orang-orang mengelola proses komunikasi dalam hubungannya dengan orang
lain dalam setting atau konteks komunikasi.
Menurut Parag Diwan (1999)
Manajemen komunikasi adalah proses penggunaan berbagai sumber daya
komunikasi secara terpadu melalui proses perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan, dan pengontrolan unsur-unsur komunikasi untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan.
Menurut Antar Venus
Manajemen komunikasi adalah proses pengelolaan sumber daya komunikasi
yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pertukaran
pesan yang terjadi dalam berbagai konteks komunikasi. Konteks komunikasi
yang dimaksud disini berarti tataran komunikasi individual,
interpersonal, organisasional, governmental, sosial, atau bahkan internasional.
SUMBER :
http://communicationdomain.wordpress.com/2010/12/18/pengantar-ilmu-manajemen-komunikasi/
SUMBER :
http://communicationdomain.wordpress.com/2010/12/18/pengantar-ilmu-manajemen-komunikasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar